BAB VII
KOPERASI DALAM BERBAGAI STRUKTUR PASAR
I. Koperasi
dalam Pasar persaingan sempurna
Persaingan
sempurna adalah struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli
ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
1. Banyak penjual
dan pembeli
2. Produk yang
dihasilkan perusahaan bersifat homogen
3. Perusahaan
bebas keluar masuk pasar
4. Para pembeli
dan penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar, struktur
harga dan kualitas barang.
Yang perlu dicermati dari konsepsi pasar
persaingan sempurna ini bagi koperasi sebagai perusahaan di pasar global adalah
:
1. Total
penerimaan koperasi hanya ditentukan oleh jumlah produk yang dijual karma harga
adalah konstan
2. Harga pasar
tidak dapat dikendalikan oleh koperasi ataupun perusahaan lain secara
perseorangan
3.
Perubahan harga pasar hanya terjadi karena adanya perubahan pada kurva
permintaan pasar atau pada kurva penawaran ataupun karena kedua-duanya.
Oleh sebab itu persaingan harga tidak cocok
oleh para pelaku bisnis termasuk koperasi di pasar persaingan sempurna. Untuk
mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka koperasi harus mampu bersaing
dalam hal biaya. Menurut konsepsi koperasi biaya produksi akan dapat
diminimumkan berdasarkan skala ekonomi baik sebagai koperasi produsen mupun
konsumen.
II. Koperasi
Dalam Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk dari organisasi
pasar dimana hanya ada satu perusahaan /penjual suatu produk di pasar yang
bersangkutan.
Ciri-ciri
:
1. Produk yang
dijual tidak ada produk substitusinya, artinya tidak dapat digantikan
penggunanya oleh produk lain
2. Konsumen
banyak
3.
Memasuki industri yang menghasilkan produk monopoli baik secara legal maupun
alamiah sangat sulit bahkan tidak mngkin.
Berdasarkan
ciri tersebut nampaknya sangat sulit bagi koperasi untuk menjadi pelaku
monopoli dimasa yang akan datang baik dalam cangkupan lokal, regional, dan
nasional.
III. Koperasi
Dalam Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar Persaingan Monopolistik dapat diartikan
sebagai pasar monopoli yang bersaing.
Disimpulkan bahwa pasar suatu produk dikatakan
berada dalam keadaan persaingan monopolostik apabila dalam pasar tersebut
terdapat cirri-ciri pasar persaingan monopolistic.
Ciri-ciri:
1. Banyak penjual
dari suatu produk yang beragam
2. produk tidak
homogen
3. ada produk
substitusinya
4. keluar masuk
pasar relatif lebih mudah
5.
harga produk tidak sama disemua pasar
Referensi
Ø http://lirin021206.wordpress.com
Ø rahmanuzulikartika.files.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar