A.
Pendahuluan
Pendidikan
tinggi diharapkan menghasilkan sarjana – sarjana yang memiliki seperangkat
kemampuan yang terdiri atas :
-
Kemampuan Akademika
-
Kemampuan profesi dan
-
Kemampuan pribadi
Dengan seperangkat kemampuan yang
dimiliki tersebut di atsa lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana
yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya
serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat indonesia
dan umat manusia pada umumnya.
Adapun
kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai melalui sekelompok mata
kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang terditi atas
mata – mata kuliah :
-
Pancasila
-
Agama
-
Kewiraan
-
Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
-
Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
-
Ilmu Sosial Dasar (ISD)
-
Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai
bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan
lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan
sosial dan masalah – masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian
dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai
disiplin (interdisiplin dan multi disiplin) dengan memanfaatkan pengertian –
pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial
seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antorpologi, dan
pskologi sosial.
B. Pembahasan
I.
Pengertian
Ilmu social dasar merupakan salah satu pengetahuan
yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan dimana ilmu tersebut mempelajari
atau menelaah tentang masalah – masalah social, khususnya di Indonesia dengan
menggunakan komponen-komponen seperti fakta, Konsep dan teori yang berasal dari
bidang ilmu social seperti diantaranya adalah Sejarah, ekonomi, geografi
social, sosiologi dan antropologi. Namun demikian Ilmu Sosial Dasar Bukan
merupakan perpaduan dari ilmu social tersebut karena masing- masing merupakan disiplin
ilmu yang mempunyai obyek dan metode ilmiahnya sendiri yang tidak mungkin bisa
dipadukan. Ilmu Sosial dasar juga bukan merupakan suatu disiplin ilmu karena
Ilmu Sosial dasar tidak memiliki obyek dan metode ilmiah dan juga tidak
mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu.
. IPS merupakan generalisasi dari ilmu sosial. Sedangkan apabila dipandang
dari kapan diberikannya ilmu tersebut, IPS lebih cenderung diberikan/diajarkan
kepada Sekolah dasar dan lanjutan.
II.
Tujuan
ISD membantu
perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh
wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap
mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm
menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain
terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Suatu ilmu pengetahua diajarkan
pasti memiliki maksud dan tujuan, seperti halnya dengan Ilmu Sosial dasar
diberikan atau diajarkan kepada Mahasiswa. Tujuan tersebut antara lain :
·
Agar
mahasiswa lebih tanggap tentang gejala-gejala sosial pada masyarakat
disekitarnya
·
Untuk
membuktikan bahwa sistem pendidikan diperguruan tinggi tidak hanya mencetak
tenaga terampil yang hanya akan mengisi birokrasi namum juga memiliki pribadi
yang baik dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
·
Mahasiswa
mampu untuk memahami jalan pikiran dari para ahli bidang ilmu pengetahuan yang
lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat.
·
Mahasiswa
dapat menyadari adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah
sosial yang ada pada masyarakat.
Manusia hidup tanpa adanya ilmu tidaklah akan
berarti apa – apa. Karena dalam kehidupan yang akan dijalani oleh manusia
pasati akan mengalami berbagai rintangan-rintangan dan persoalan yang harus
dipecahkan. Untuk memecahkan masalah tersebut maka lahirlah berbagai cabang
dari ilmu pengetahuan. Percabangan tersebut dikelompokan menjadi 3 yaitu :
·
Natural Sciences (Ilmu Alam)
merupakan ilmu yang mempelajari tentang berbagai gejala-gejala
dialam sekitar dan berbagai reaksi-reaksi nya. Natural science ini
meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain
·
Social Science (Ilmu
Sosial) merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dengan
sekitarnya. Sosial Science meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik, Sejarah dll
·
Humanities (Ilmu
Budaya) merupakan ilmu yang mempelajari tentang budaya manusia yang terdiri
dari : bahasa, Agama, Kesusastraan dll
Dari ketiga
cabang ilmu pengetahuan Ilmu Sosial Dasar termasuk kedalam Ilmu Sosial atau
bisa disebut Social Science.
III.
Perbedaan dan
Persamaan
ISD dan IPS merupakan ilmu
yang berasal dari satu cabang ilmu pengetahuan yaitu Ilmu SOsial atau Sosial
Science. Karena itu pastinya diantaranya memiliki persamaan namun juga pastinya
memiliki perbedaan. Mari Kita membahas satu persatu
#Perbedaan
Perbedaan antara IPS dan ISD adalah IPS tujuannya cenderung lebih ke pendidikan dan IPS bukan untuk mengambil teori dari ilmu sosial. IPS merupakan generalisasi dari ilmu sosial. Sedangkan apabila dipandang dari kapan diberikannya ilmu tersebut, IPS lebih cenderung diberikan/diajarkan kepada Sekolah dasar dan lanjutan sedangkan Ilmu Sosial dasar diberikan kepada perguruan tinggi. Apabila kita memandang dari tujuan diberikannya Ilmu sosial cenderung diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual
Perbedaan antara IPS dan ISD adalah IPS tujuannya cenderung lebih ke pendidikan dan IPS bukan untuk mengambil teori dari ilmu sosial. IPS merupakan generalisasi dari ilmu sosial. Sedangkan apabila dipandang dari kapan diberikannya ilmu tersebut, IPS lebih cenderung diberikan/diajarkan kepada Sekolah dasar dan lanjutan sedangkan Ilmu Sosial dasar diberikan kepada perguruan tinggi. Apabila kita memandang dari tujuan diberikannya Ilmu sosial cenderung diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual
#Persamaan
Keduanya sama sama mengkaji tentang manusia dalam lingkungan sosialnya. Selain itu ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
Keduanya sama sama mengkaji tentang manusia dalam lingkungan sosialnya. Selain itu ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
IV.
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
ISD meliputi dua
kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg
terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian
terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek2 yg paling
dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah2 yg
terwujud dari padanya.
Materi Ilmu Sosial
Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah
sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan
sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu
sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.
Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan
interdisiplin/multidisiplin.
Konsorsium Antar
Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8
(delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang
lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami
adanya :
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan
masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda
dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan
antara warga negara dan negara.
5. Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
C.
Penutup
Kesimpulannya, Ilmu Sosial dasar
merupakan ilmu yang memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala social agar daya
tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya
dapat ditingkatkan.
Ilmu pengetahuan
dapat dikelompokan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan
dikelompokan menjadi tiga yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial,
dan ilmu pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora.
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah
Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar sebagai matakuliah dasar umum yang
wajib diambil oleh mahasiswa di samping matakuliah dasar umum lainnya seperti
Agama, Pancasila, dan Kewiraan.
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi
lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi,
sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah
aspek2 yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial
dan masalah2 yg terwujud dari padanya.
Nah,
demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Dari itu semua kita dapat
menyimpulkan bahwa Ilmu sosial dasar merupakan ilmu yang mempelajari tentang
kehidupan sosial atau hubungan antar individu dengan masyarakat sekitar atau
dalam lingkungan yang lebih luas adalah hubungan antara warga Negara dengan
negaranya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar