Senin, 02 Januari 2012

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial


A.   Pendahuluan
Pendidikan tinggi diharapkan menghasilkan sarjana – sarjana yang memiliki seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
- Kemampuan Akademika
- Kemampuan profesi dan
- Kemampuan pribadi
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki tersebut di atsa lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat indonesia dan umat manusia pada umumnya.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang terditi atas mata – mata kuliah :
- Pancasila
- Agama
- Kewiraan
- Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
- Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
- Ilmu Sosial Dasar (ISD)
- Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahannya menggunakan pendekatan berbagai disiplin (interdisiplin dan multi disiplin) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antorpologi, dan pskologi sosial.

B.   Pembahasan
I.                   Pengertian
   Ilmu social dasar merupakan salah satu pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan dimana ilmu tersebut mempelajari atau menelaah tentang masalah – masalah social, khususnya di Indonesia dengan menggunakan komponen-komponen seperti fakta, Konsep dan teori yang berasal dari bidang ilmu social seperti diantaranya adalah Sejarah, ekonomi, geografi social, sosiologi dan antropologi. Namun demikian Ilmu Sosial Dasar Bukan merupakan perpaduan dari ilmu social tersebut karena masing- masing merupakan disiplin ilmu yang mempunyai obyek dan metode ilmiahnya sendiri yang tidak mungkin bisa dipadukan. Ilmu Sosial dasar juga bukan merupakan suatu disiplin ilmu karena Ilmu Sosial dasar tidak memiliki obyek dan metode ilmiah dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu.
. IPS merupakan generalisasi dari ilmu sosial. Sedangkan apabila dipandang dari kapan diberikannya ilmu tersebut, IPS lebih cenderung diberikan/diajarkan kepada Sekolah dasar dan lanjutan.
II.                Tujuan
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
Suatu ilmu pengetahua diajarkan pasti memiliki maksud dan tujuan, seperti halnya dengan Ilmu Sosial dasar diberikan atau diajarkan kepada Mahasiswa. Tujuan tersebut antara lain :
·       Agar mahasiswa lebih tanggap tentang gejala-gejala sosial pada masyarakat disekitarnya
·       Untuk membuktikan bahwa sistem pendidikan diperguruan tinggi tidak hanya mencetak tenaga terampil yang hanya akan mengisi birokrasi namum juga memiliki pribadi yang baik dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
·       Mahasiswa mampu untuk memahami jalan pikiran dari para ahli bidang ilmu pengetahuan yang lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
·       Mahasiswa dapat menyadari adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada pada masyarakat.
 Manusia hidup tanpa adanya ilmu tidaklah akan berarti apa – apa. Karena dalam kehidupan yang akan dijalani oleh manusia pasati akan mengalami berbagai rintangan-rintangan dan persoalan yang harus dipecahkan. Untuk memecahkan masalah tersebut maka lahirlah berbagai cabang dari ilmu pengetahuan. Percabangan tersebut dikelompokan menjadi 3 yaitu :
·       Natural Sciences (Ilmu Alam) merupakan ilmu yang mempelajari tentang berbagai gejala-gejala dialam   sekitar dan berbagai reaksi-reaksi nya. Natural science ini meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain
·       Social Science (Ilmu Sosial) merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dengan sekitarnya. Sosial Science meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik, Sejarah dll
·       Humanities (Ilmu Budaya) merupakan ilmu yang mempelajari tentang budaya manusia yang terdiri dari : bahasa, Agama, Kesusastraan dll
Dari ketiga cabang ilmu pengetahuan Ilmu Sosial Dasar termasuk kedalam Ilmu Sosial atau bisa disebut Social Science.
III.             Perbedaan dan Persamaan
 ISD dan IPS merupakan ilmu yang berasal dari satu cabang ilmu pengetahuan yaitu Ilmu SOsial atau Sosial Science. Karena itu pastinya diantaranya memiliki persamaan namun juga pastinya memiliki perbedaan. Mari Kita membahas satu persatu 
#Perbedaan
Perbedaan antara IPS dan ISD adalah IPS tujuannya cenderung lebih ke pendidikan dan IPS bukan untuk mengambil teori dari ilmu sosial. IPS merupakan generalisasi dari ilmu sosial. Sedangkan apabila dipandang dari kapan diberikannya ilmu tersebut, IPS lebih cenderung diberikan/diajarkan kepada Sekolah dasar dan lanjutan sedangkan Ilmu Sosial dasar diberikan kepada perguruan tinggi. Apabila kita memandang dari tujuan diberikannya Ilmu sosial cenderung diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual
#Persamaan
Keduanya sama sama mengkaji tentang manusia dalam lingkungan sosialnya. Selain itu ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.



IV.             Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek2 yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah2 yg terwujud dari padanya.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :

1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

C.   Penutup
Kesimpulannya, Ilmu Sosial dasar merupakan ilmu yang memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala social agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan.
Ilmu pengetahuan dapat dikelompokan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora. Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar sebagai matakuliah dasar umum yang wajib diambil oleh mahasiswa di samping matakuliah dasar umum lainnya seperti Agama, Pancasila, dan Kewiraan.
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. Yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek2 yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah2 yg terwujud dari padanya.
Nah, demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Dari itu semua kita dapat menyimpulkan bahwa Ilmu sosial dasar merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial atau hubungan antar individu dengan masyarakat sekitar atau dalam lingkungan yang lebih luas adalah hubungan antara warga Negara dengan negaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar