Sabtu, 21 Desember 2013

TUGAS Perilaku Konsumen

1. Jelaskan yg dimaksud dgn perilaku konsumen? Minimal 4 tokoh kemudian simpulkan
Ø  Gerald Zaldman dan Melanie Wallendorf (1979 : 6) menjelaskan bahwa :
“Consumer behavior are acts, process and sosial relationship exhibited by individuals, groups and organizations in the obtainment, use of, and consequent experience with products, services and other resources”.
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainya.
Ø  David L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984 : 6) mengemukakan bahwa :
“Consumer behavior may be defined as decision process and physical activity individuals engage in when evaluating, acquaring, using or disposing of good and services”.
Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.
Ø  James F. Engel, et.al (1968 : 8) berpendapat bahwa :
“Consumer behavior is defined as the acts of individuals directly involved in obtaining and using economic good services including the decision process that precede and determine these acts”.
Perilaku konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
Ø  Schiffman dan Kanuk (1994 : 7) mendefinisikan sebagai berikut :
“The term consumer behavior refers to the behavior that consumer display in searching for purchasing, using evaluating and disposing of product and services that they expect will satisfy their needs”.
Istilah perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Ø  Menurut Hawkins, Best, dan Coney (2001)
“Consumer behavior is the study of individuals, groups, or organizations and the processes they use to select, secure, use, and dispose of products, services, experiences, or ideas to satisfy needs and the impacts that these processes have on the consumer and society”.
Perilaku konsumen adalah studi mengenai individu, kelompok atau organisasi dan proses dimana mereka menyeleksi, menggunakan dan membuang produk, layanan, pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhan dan dampak dari proses tersebut pada konsumen dan masyarakat.

2. Apakah yg dimaksud dgn:
A. Perilaku konsumen bersifat dinamis
Perilaku konsumen bersifat dinamis, ini karena setiap pemikiran, perasaan, dan tindakan dari setiap individu konsumen, kelompok konsumen, dan masyarakat secara keseluruhan selalu berubah
B. Perilaku konsumen melibatkan pertukaran
Perilaku konsumen melibatkan pertukaran: pertukaran ini terjadi sesama manusia. Seperti menukar uang milik pembeli dengan barang milik penjual.
C. Perilaku konsumen melibatkan interaksi
Perilaku konsumen melibatkan interaksi: kognisi, afeksi, perilaku dan kejadian di sekitar atau di lingkungan konsumen

3. Bidang2 studi apa saja yg terkait dengan perilaku konsumen?
·         Sosiologi
·         Antropologi
·         Ekonomi
·         Psikologi
·         Politik
·         Periklanan
·         Manajemen
·         Pemasaran




Referensi
Books of “ Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen  By Drs, Husein Umar, S.E., M.M,. MBA Copyright 2000, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Cooper, Donald R. dan Wllliam C. Emory., Metode Penelitian Bisnis, Edisi Kelima, Penerbit
Erlangga, 1998

Dwiastuti, Rini. Agustina Shinta. Riyanti Isaskar. 2012. Teori Perilaku Konsumen. Malang. UB Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar