1. Jelaskan yg dimaksud dgn perilaku konsumen? Minimal 4 tokoh
kemudian simpulkan
Ø Gerald Zaldman dan Melanie Wallendorf (1979 : 6)
menjelaskan bahwa :
“Consumer
behavior are acts, process and sosial relationship exhibited by individuals,
groups and organizations in the obtainment, use of, and consequent experience
with products, services and other resources”.
Perilaku
konsumen adalah tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan
individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk
atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan,
dan sumber-sumber lainya.
Ø
David
L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984 : 6) mengemukakan bahwa :
“Consumer
behavior may be defined as decision process and physical activity individuals
engage in when evaluating, acquaring, using or disposing of good and services”.
Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses
pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam
proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan
barang-barang dan jasa.
Ø
James
F. Engel, et.al (1968 : 8) berpendapat bahwa :
“Consumer
behavior is defined as the acts of individuals directly involved in obtaining
and using economic good services including the decision process that precede
and determine these acts”.
Perilaku
konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung
terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis
termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan
tindakan-tindakan tersebut.
Ø
Schiffman
dan Kanuk (1994 : 7) mendefinisikan sebagai berikut :
“The
term consumer behavior refers to the behavior that consumer display in
searching for purchasing, using evaluating and disposing of product and
services that they expect will satisfy their needs”.
Istilah
perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa
yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Ø
Menurut
Hawkins, Best, dan Coney (2001)
“Consumer
behavior is the study of individuals, groups, or organizations and the
processes they use to select, secure, use, and dispose of products, services,
experiences, or ideas to satisfy needs and the impacts that these processes
have on the consumer and society”.
Perilaku konsumen adalah studi mengenai individu,
kelompok atau organisasi dan proses dimana mereka menyeleksi, menggunakan dan
membuang produk, layanan, pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhan dan
dampak dari proses tersebut pada konsumen dan masyarakat.
2. Apakah yg dimaksud dgn:
A. Perilaku konsumen bersifat dinamis
Perilaku konsumen bersifat dinamis,
ini karena setiap pemikiran, perasaan, dan tindakan dari setiap individu
konsumen, kelompok konsumen, dan masyarakat secara keseluruhan selalu berubah
B. Perilaku konsumen melibatkan pertukaran
Perilaku konsumen melibatkan
pertukaran: pertukaran ini terjadi sesama manusia. Seperti menukar uang milik
pembeli dengan barang milik penjual.
C. Perilaku konsumen melibatkan interaksi
Perilaku konsumen melibatkan
interaksi: kognisi, afeksi, perilaku dan kejadian di sekitar atau di lingkungan
konsumen
3. Bidang2 studi apa saja yg terkait dengan perilaku konsumen?
·
Sosiologi
·
Antropologi
·
Ekonomi
·
Psikologi
·
Politik
·
Periklanan
·
Manajemen
·
Pemasaran
Referensi
Books of “ Riset Pemasaran
Dan Perilaku Konsumen By
Drs, Husein Umar, S.E., M.M,. MBA“ Copyright 2000, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Cooper, Donald R. dan Wllliam C. Emory., Metode Penelitian Bisnis,
Edisi Kelima, Penerbit
Erlangga,
1998
Dwiastuti, Rini. Agustina Shinta. Riyanti Isaskar. 2012. Teori
Perilaku Konsumen. Malang. UB Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar